Memahami dan Memanfaatkan Media Komunikasi


Berbahasa dalam komunikasi melalui WhatsApp dengan tujuan memberikan Informasi atau pesan bukanlah hal yang mudah, sebab kadang kala penerima informasi atau pesan bisa saja salah menyikapi dan memahaminya, untuk itu diperlukan bahasa yang sederhana dan mudah di mengerti oleh penerima pesan melalui WhatsApp.


Sebagai suatu bentuk komunikasi tidak langsung diperlukan persepsi yang sama diantara pihak-pihak yang berkomunikasi dalam memahami media tersebut agar maksud dan tujuan terwujud yakni efektif dan efesien dalam berkomunikasi.


Salah satu hal yang perlu dicermati dalam berkomunikasi melalui WhatsApp Adalah siapa penerima pesan, waktu menyampaikan pesan, hal ini dimaksudkan pesan yang disampaikan dirasa penting sementara penerima pesan disebabkan kesibukan ataupun berada pada daerah signal yang kurang baik bisa saja menyebabkan terlambat merespon pesan yg disampaikan. Yang jelas pemberi pesan sebaiknya menghindari praduga terhadap penerima pesan tersebut.


Saat ini memanfaatkan media komunikasi melalui WhatsApp dalam berbagai maksud dan tujuannya suatu hal yang biasa dilalukan dan memiliki kelebihan dan kekurangan tergantung sisi mana dalam melihatnya, memang ada informasi atau pesan yang harus secara langsung disampaikan dengan menyumpai penerima pesan, hal ini bisa saja dalam aspek etika berkomunikasi dari segi kepatutan dan kepantasan diantara kedua belah pihak tersebut.


Semoga kemajuan teknologi informasi dalam berkomunikasi melalui WhatsApp Memberikan manfaat bagi kemudahan dalam berkomunikasi.


Bio Data.

Drs.Sofyan.M.Si

Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau

Penasehat IKA FIA Unilak..

Penasehat Gonjong limo Kota Dumai

Dewan pakar DPP RMB-LHMR.

Lebih baru Lebih lama