Memaknai Rapat dalam Organisasi


Suatu hal yang tak dapat dihindari bagi yang aktif berorganisasi adalah meluangkan waktu untuk mengikuti berbagai berbagai kegiatan organisasi sebagaimana tujuan pembentukan organisasi itu sendiri yang tertera dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi.


Salah satu agenda dari pengurus organisasi yang cukup sering dilakukan biasanya melaksanakan Rapat. 


Sebagai bagian dari pengurus organisasi sudah barang tentu kehadirannya diharapkan, namun kadang persoalan waktu rapat dengan aktivitas yang lain persamaan waktunya yang juga menjadi kendala dalam menghadiri rapat yang diadakan sementara kehadirannya diharapkan pengurus organisasi.


Jika kondisi tersebut dialami salah satu upaya yang dapat dilakukan pemimpin organisasi adalah dengan memberikan informasi pelaksanaannya jauh hari sebelum waktunya dapat menjadi salah satu solusi agar kehadiran peserta rapat sesuai dengan harapan.


Menurut Wibawa & Riyanto (2008) Rapat adalah " Komunikasi timbal balik dengan sarana bahasa antara dua orang atau lebih untuk memperdalam suatu masalah agar tercapai kesepahaman dan memutuskan pengambilan langkah tentu dalam rangka kerja sama yang ditetapkan"


Dilihat dari konsep pengertian rapat tersebut jelas didalam rapat ada berbagai persoalan yang dibahas dan terdapat pula proses didalam menyesepakati secara bersama langkah dan keputusan yang diambil. Dengan demikian menunjukkan kehadiran peserta rapat akan memberikan berbagai pandangan terhadap hal-hal yang dibahas dan disepakati bersama.


Mengingat agenda rapat dalam organisasi memerlukan kehadiran anggota pengurus sebagai peserta, memang komitmen dalam berorganisasi diperlukan disamping integritas dan loyalitas, dengan harapan keberadaan sebagai bagian dari organisasi dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan organisasi sebagaimana tujuan pembentukan yang telah ditetapkan.


Kadang-kadang dalam realitanya sering terjadi bagian dari organisasi namun kurang mampu berperan sebagaimana harapan organisasi. Untuk itu kesadaran dalam berorganisasi perlu ditumbuh kembangkan dan keberadaan memberikan nilai bagi eksistensi organisasi kedepannya...

Lebih baru Lebih lama