Serda Priyo Sudarmo Jelaskan Bahaya PMK Kepada Peternak


Babinsa Koramil 01/Dumai, Serda Priyo Sudarmo, melaksanakan sosialisasi pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) di peternakan milik Hidayat di RT 05 Kelurahan Bagan Keladi, Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai, Senin (25/9).


Dalam sosialisasi tersebut, Serda Priyo Sudarmo menyampaikan kepada pemilik peternakan agar menjaga kebersihan kandang.


"Kandang harus selalu bersih dan kering. Sampah dan kotoran hewan harus segera dibersihkan," ujar Serda Priyo Sudarmo.


Serka Priyo Sudarmo juga mengingatkan agar pemilik peternakan tidak membawa hewan dari luar daerah.


"Hewan dari luar daerah harus diisolasi terlebih dahulu selama 14 hari untuk memantau kondisinya," ujar Serda Priyo Sudarmo.


Sosialisasi ini mendapat sambutan positif dari pemilik peternakan. Mereka mengapresiasi upaya TNI dalam mencegah penyebaran PMK.


"Terima kasih kepada Babinsa yang telah memberikan sosialisasi pencegahan PMK. Kami akan mematuhi himbauan tersebut," kata Hidayat.


Serka Priyo Sudarmo berharap, kegiatan sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya PMK dan mencegah penyebaran PMK di wilayah Kelurahan Bagan Keladi.


PMK merupakan penyakit hewan yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini dapat menular melalui kontak langsung dengan hewan yang sakit, melalui kontak dengan benda yang terkontaminasi virus, atau melalui udara. PMK dapat menyebabkan kerugian ekonomi yang besar bagi peternak. 

Lebih baru Lebih lama