Upaya Cegah Karhutla Oleh Babinsa Koramil 06 Merbau

Dalam upaya pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Kodim 0303/Bengkalis melalui Babinsa Koramil 06/Merbau menjalankan kegiatan monitoring intensif di daerah rawan karhutla, khususnya di Desa Teluk Ketapang, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti. 


Patroli Karhutla tersebut dipimpin oleh dua anggota Babinsa, yaitu Serda Ansari dan Serda Syahrul Ismail. Serda Ansari, salah satu pemimpin patroli, menghimbau kepada masyarakat setempat untuk turut serta dalam upaya pencegahan Karhutla dengan melakukan patroli dan pengawasan lebih intensif di daerah rawan karhutla.


Serda Ansari juga menjelaskan bahwa wilayah yang sangat rentan terhadap terjadinya Karhutla adalah area yang masih banyak lahan kosong dan berlumpur. 


"Kebarakan hutan dan lahan dapat berakibat pada pencemaran udara dan memiliki dampak negatif yang serius terhadap kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, patroli dan pengawasan merupakan langkah yang sangat penting untuk menghindari kejadian tersebut," Ujarnya.


Babinsa juga menghimbau masyarakat setempat agar tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar, sebagai upaya preventif untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang dapat merugikan banyak pihak. 


Upaya bersama antara TNI dan masyarakat menjadi kunci dalam menjaga lingkungan dan mencegah bencana Karhutla di wilayah tersebut.

 

Lebih baru Lebih lama