Pelda Tovani Sambangi Peternak dan Berikan Edukasi Cegah PMK


Babinsa Ramil 03, Pelda Tovani melaksanakan pembinaan dan edukasi tentang pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) kepada peternak di wilayah Binaannya, (7/1).


Pelda Tovani mengatakan, PMK merupakan salah satu penyakit yang cukup meresahkan peternak, karena hal itu maka perlu dilakukan pembinaan dan memberikan edukasi kepada peternak.


"PMK merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan dapat menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing, dan domba. Penyakit ini dapat menyebabkan kerugian ekonomi yang cukup besar bagi peternak," kata Pelda Tovani.


Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh peternak untuk mencegah penyakit ini adalah memastikan kebersihan kandang serta memberikan pakan yang berkualitas kepada hewan ternak mereka.


"Peternak juga perlu melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternaknya secara berkala," ujar Pelda Tovani.


Pelda Tovani berharap, melalui pembinaan dan edukasi ini dapat meningkatkan kesadaran peternak untuk mencegah penyebaran PMK.


"Saya berharap peternak dapat menerapkan hal-hal yang telah disampaikan, sehingga dapat mencegah penyebaran PMK," kata Pelda Tovani.


Kegiatan pembinaan dan edukasi ini disambut baik oleh para peternak. Mereka mengaku sangat terbantu dengan adanya edukasi ini.


"Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Babinsa yang telah memberikan edukasi tentang PMK ini. Kami akan berusaha menerapkan hal-hal yang telah disampaikan," kata peternak.

Lebih baru Lebih lama