Kepada Pelajar, Babinsa Koramil 06 Merbau Memberikan Komsos

 

Serda K. Sinaga, seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Koramil 06/Merbau, secara aktif melakukan sosialisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari kepada anak-anak yang masih berstatus sebagai anak didik. Dalam kunjungannya ke SD Negeri 15 Teluk Belitung, Serda Sinaga memberikan pemahaman tentang pentingnya Pancasila dan etika dalam kehidupan sehari-hari.


Sosialisasi ini terutama menekankan pada menghormati teman atau guru yang memiliki keyakinan agama yang berbeda. Serda Sinaga percaya bahwa memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila adalah suatu keharusan bagi anak-anak. 


"Nilai Pancasila sangat baik bila ditanamkan pada anak-anak. Hal ini agar setelah dewasa, mereka akan terbiasa dengan perbuatan dan tingkah laku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila," ujar Babinsa ini.


Lebih lanjut, Serda Sinaga menyatakan bahwa anak-anak masih membutuhkan bimbingan dari orang lain, terutama orang tua. Dalam konteks ini, Serda Sinaga memberikan contoh konkret tentang menghormati teman atau guru yang berbeda agama. Ia mendorong anak-anak untuk menunjukkan sikap toleran kepada semua warga sekolah dan selalu hidup rukun dalam interaksi sehari-hari.


Menurut Serda Sinaga, pendidikan Pancasila bagi generasi muda sangat penting. Dengan adanya pendidikan Pancasila, diharapkan generasi muda akan memiliki pedoman atau penuntun dalam berpikir dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. 


"Kita ingin generasi muda kita memiliki landasan kuat dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta selalu menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila," tambahnya.


Sosialisasi yang dilakukan oleh Serda Sinaga mendapat sambutan positif dari para guru dan siswa di SD Negeri 15 Teluk Belitung. Mereka merasa terinspirasi dan semakin yakin bahwa pemahaman tentang Pancasila dan etika sangat penting dalam membentuk karakter anak-anak. Dengan kerja keras dan kesadaran akan pentingnya nilai-nilai Pancasila, diharapkan generasi muda akan menjadi penerus yang baik untuk bangsa dan negara.

Lebih baru Lebih lama